Kamis, 05 Januari 2012

Contoh meresensi buku


IDENTITAS BUKU
·        Judul Buku                 : Rahasia dibalik Kesulitan
·        Nama Penulis             : Bambang Q-Anees
·        Penerbit                       : Simbiosa Rekatama Media
·        Kota Terbit                 : Bandung
·        Tahun Terbit              : 2006
·        Jumlah Halaman         : 130 Halaman
·        No ISBN                      : 979-3782-12-X

KELEBIHAN

Buku ini sangat bagus untuk dibaca, apalagi para remaja. Karna buku ini bisa menyadarkan para remaja untuk meyakini kalau sedang mengalami kesusahan pasti ada jalan keluarnya. Cerita-cerita yang diceritakan dalam buku ini sangat banyak manfaatnya sehingga bisa di jadikan contoh dalam kehidupan sehari-hari. Kuisioner yang ada juga dapat menggambarkan keadaan para remaja saat ini, sehingga kuisioner itu bisa dijadikan acuan untuk kedepannya tentunya dengan menjadi lebih baik J

KELEMAHAN

Gambar yang ada, warnanya kurang menarik sehingga menimbulkan kebosanan saat melihat gambarnya.

KESIMPULAN

Kita harus percaya kalau setiap kesulitan pasti Allah memberikan jalan keluarnya asalkan kita selalu berikhtiar. Ikhtiar dalam buku ini dibagi menjadi 3. Pertama, beningkan kaca matamu. Maksudnya adalah bersihkanlah cara pandangmu, ikhlaskanlah perasaanmu, baru dapat menyelesaikan persoalan yang sedang di hadapi. Sesuatu dianggap bermasalah, karena kita menganggapnya begitu. Ikhtiat yang kedua adalah Letakkanlah bebanmu. Yaitu, beban akan muncul dalam pikiran ketika kita mengerjakan sesuatu yang tidak kamu sukai. Maka dari itu, jalankan beban itu dengan ikhlas lalu serahkan semuanya kepada Allah. Ikhtiar yang ketiga adalah Harumkanlah namamu. Nama baik adalah modal hidup seseorang. Melalui nama baik ini, kita akan dipercaya. Begitu nama baik itu rusak, kita tidak akan dipercaya lagi. Dalam buku ini diajarkan untuk menyelesaikan satu pekerjaan dengan bersungguh-sungguh untuk satu pekerjaan berikutnya sampai tuntas dan berhasil.

Ada 2 kemudahan yang akan kita dapatkan begitu kita bisa mengatasi kesulitan. Bila kita dapat menghadapi masalah itu secara tenang, penuh perhitungan dan bersabar, masalah itu akan selesai. Jadi, kemudahan pertama adalah selesainya masalah. Kemudahan kedua adalah munculnya keyakinan baru pada diri kita bahwa ternyata kita bukan orang yang lemah, buktinya kita bisa menyelesaikan suatuu masalah dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar